Kriptografi : Protokol Secret Sharing

Protokol kriptografi lainnya adalah protokol secret sharing, yang memungkinkan pendistribusian satu rahasia di antara sekumpulan orang yang saling percaya yang selanjutnya disebut share holder (share receiver). Protokol secret sharing ini menerapkan (m,n)-threshold scheme, yaitu informasi tentang rahasia adalah didistribusikan sedemikian rupa sehingga sembarang m dari n orang (m ≤ n) memiliki informasi yang cukup untuk menentukan (mengetahui) rahasia tersebut, tetapi sembarang set m-1 orang tidak dapat melakukannya. Dalam sembarang secret sharing scheme, terdapat kumpulan orang yang terpilih yang informasi kumulatif mereka cukup untuk memecahkan rahasia.

Dalam beberapa implementasi secret sharing scheme, setiap partisipan menerima rahasia setelah rahasia yang dimaksud dihasilkan. Dalam implementasi lain, rahasia sebenarnya tidak pernah dibuat kelihatan kepada partisipan, walaupun akses diberikan untuk mendapatkan rahasia tersebut diberikan (misalnya dalam akses ke dalam ruangan atau izin untuk melakukan proses). Beberapa algoritma dari secret sharing scheme adalah LaGrange Interpolating Polynomial Scheme, Asmuth- Bloom Scheme, dan sebagainya.

Algoritma LaGrange Interpolating Polynomial ini menggunakan persamaan polinomial dalam memecahkan pesan yang ingin dirahasiakan tersebut. Sedangkan, untuk menyusun kembali pesan diperlukan bantuan metode pencarian solusi sistem persamaan linier.


Sedangkan, algoritma Asmuth-Bloom menggunakan sistem kongruen linier, aritmatika modulo, bilangan prima dan bilangan acak untuk meningkatkan keamanannya. Selain itu, algoritma ini juga memerlukan bantuan teorema Chinese Remainder pada saat penggabungan pesan kembali.

Tidak ada komentar: